Inilah Keuntungan dan Manfaat Dibalik Gap Year!

2 min read

manfaat gap year

Sobat Mika yang sudah lulus sekolah menengah pasti sudah tidak sabar kan untuk mendaftarkan diri di kampus impian kalian? Wah, membayangkannya saja sudah pasti sangat menyenangkan bukan? Tapi, pernah tidak kalian berpikir bagaimana kalau rencana tersebut berjalan tidak sesuai dengan kenyataan? Eits, jangan bersedih ya! Memutuskan untuk gap year bisa jadi pilihan untuk kalian lho!

Apa sih gap year itu? Gap year merupakan istilah ketika kalian memilih untuk menunda waktu masuk ke perguruan tinggi. Masa gap year ini biasanya berlangsung selama satu tahun atau sampai kalian kembali mengambil kesempatan untuk medaftarkan diri ke perguruan tinggi yang dituju. Walaupun kerap kali dipandang sebagai suatu hal yang negatif, tapi kalian tidak perlu khawatir!

Toh, ternyata mengambil gap year memiliki beberapa keuntungan juga lho dibaliknya! Berikut adalah beberapa manfaat yang kalian dapatkan ketika gap year!

Menemukan jurusan yang sesuai

Nah, bagi kalian yang kiranya masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah maka masa gap year ini cocok sekali untuk kalian mencari jawabannya. Ada baiknya, kalian memanfaatkan waktu luang yang kalian miliki pada masa gap year untuk mencari passion yang sesuai dengan minat kalian. Selama masa gap year, kalian dapat mencari tahu lebih dalam mengenai jurusan yang kalian minati.

Hal-hal seperti melakukan tes potensi akademik, tes minat dan bakat atau menganalisa kembali biaya jurusan yang menjadi pilihan kalian atau bahkan mencari tahu prospek kerja yang berkaitan dengan jurusan yang kalian minati. Dengan begitu, kalian akan lebih matang untuk mengambil keputusan mengenai jurusan yang akan kalian ambil.

Baca Juga : Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

Menambah kemampuan dan pengalaman

Ketika menjalani gap year, waktu luang yang ada dapat kalian isi untuk mencari passion dan mengembangkan skill baru. Di dunia yang serba digital ini, akan mudah bagi kalian untuk mempelajari hal-hal baru dan menguasainya. Skill tersebut nantinya akan sangat berguna bagi kalian di dunia perkuliahan atau bahkan dunia kerja.

Tak hanya menemukan passion kalian, kalian dapat menggunakan peluang pada masa gap year untuk mengikuti berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan passion kalian tersebut. Contonya apa sih? Bisa saja lho kalian mendaftarkan diri sebagai peserta magang di suatu perusahaan. Melalui kegiatan tersebut, kalian akan memperkaya pengalaman kerja khususnya di bidang yang kalian minati. Selain itu, kalian juga dapat menemukan suasana baru serta teman-teman baru yang akan menambah wawasan kalian mengenai dunia luar.

Mudah bersosialisasi

Bagi kalian yang menilai diri sendiri sebagai seorang yang sulit bersosialisasi, bisa banget nih mencoba untuk bertemu dengan orang-orang baru dengan mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Walaupun terdengar sulit, jadikan ini sebagai tantangan ya teman-teman! Membiasakan diri untuk berjumpa dengan orang-orang baru akan sangat membantu kalian mengembangkan diri kalian sebagai inividu lho!

Memberikan waktu lebih untuk mempelajari materi ujian masuk PTN

Hal ini pasti sudah jelas ya! Untuk mengisi waktu selama gap year kalian dapat mempelajari materi ujian seleksi masuk PTN dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah dalam menjawab setiap soal ujian dengan mudah. Persiapan yang matang akan membuat kesempatan kalian lulus ujian masuk PTN menjadi lebih besar bukan? Nah, salah satu cara untuk mempersiapkan diri kalian yaitu dengan mengikuti berbagai macam try out. Di era digital ini, kalian sudah dapat dengan mudah mengakses berbagai macam soal try out untuk dikerjakan.

Baca Juga : Mengenal Jurusan Antropologi dan Prospeknya

Perlu diingat ya teman-teman, kalau mengambil gap year bukanlah suatu hal yang buruk! Siapa sangka ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika menjalani masa gap year. Tetap semangat dan jangan putus asa ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *