Mengenal Jurusan Antropologi dan Prospeknya

3 min read

Mengenal Jurusan Antropologi dan Prospek Kerjanya

Artikel ini akan membahas lengkap tentang seluk beluk jurusan Antropologi dan prospek kerjanya.

Haloo sobat Mika, gimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik aja ya. Pada kesempatan kali aku bakalan ngejelasin tentang jurusan Antropologi, nih! Emangnya, jurusan apaan sih? Yang belajar soal bintang-bintang itu yah? Yang menggali-gali tanah itu bukan sih?

Apa itu Antropologi

Bukan-bukan, Sob, bukan itu huhu. Antropologi itu pada intinya sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia serta kebudayaannya. Kalo dilihat akar katanya nih sob, Antropologi berasal dari bahasa Yunani άνθρωπος (baca; Anthropos) yang memiliki arti ‘manusia’ atau orang. dan ‘logos’ yang memiliki arti ‘nalar’ atau ‘logika’.

Jadi, Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia.

FYI Sob, jurusan Antropologi pertama kali diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Koentjaraningrat, beliau dikenal sebagai bapak Antropologi Indonesia, Sob. Beberapa buku yang ditulis olehnya pertama kali adalah Pengantar Antropologi (1959) dan Tokoh-tokoh Antropologi (1964) yang menjadi tanda hadirnya Antropologi di Indonesia.

Nah, apa aja sih yang dipelajari sama? Skill apa yang dimiliki sama anak Antrop? Dan apa aja sih prospek masa depan mahasiswa Antrop? Maka dari itu, jangan lewatkan tulisan ini yaa, sobat Mika!

Materi Kuliah Antropologi

Mungkin beberapa sobat Mika udah ada yang pernah belajar ilmu ini di SMA-nya? Nah, pas pertama kali kalian jadi mahasiswa Antropologi, kalian akan diperkenalkan terlebih dahulu melalui mata kuliah Pengantar Antropologi, Sob. Disitu, kalian akan belajar mengenai pengertian Antropologi, sudut pandang, cara penelitian hingga bagaimana cara menerapkan Antropologi di kehidupan sehari-hari.

Terus terus, kan tadi aku bilang kalo ilmu ini tuh belajar soal manusia, kan. Nah, materi perkuliahan Antropologi tuh seluas itu dan seberagam itu loh Sob. Terdapat berbagai percabangan utama dalam Antropologi, mulai dari Antropologi Fisik seperti mata kuliah Antropologi Biologi, Evolusi Manusia, Atropologi Medis, dan sebagainya. Pas banget kan buat kalian yang suka sama science atau pengetahuan alam.

Tak hanya itu, percabangan lainnya juga Antropologi Sosial Budaya, dimana terdapat mata kuliah Antropologi Politik, Antropologi Lingustik, Antropologi Ekonomi, Antropologi Pedesaan, Gender & Seksualitas, dan banyak lainnya. Ohiya, cabang lainnya juga mengenai Antropologi Materi, seperti Arkeologi, Antropologi Inderawi, sampai Antropologi Terapan.

Gak cuman pengetahuannya aja loh Sob, di Antropologi juga diajari bagaimana cara membaca yang efektif melalui mata kuliah Membaca Etnografi, belajar mengenai riset melalui Metode Penelitian Antropologi dan Metode Penelitian Etnografi, sampai mempelajari isu-isu serta permasalahan terkini melalui mata kuliah Masalah-Masalah Kontemporer.
Banyak sekaligus menarik-menarik banget kan, Sob?

Maka dari itu, buat kalian yang berasal dari IPA maupun IPS, dan memiliki ambisi yang besar buat belajar berbagai hal, nah, jurusan Antropologi cocok banget nih buat kalian.

Kemampuan Mahasiswa Antropologi

Nahh, kalo sebelumnya kita udah tau apa-apa aja yang dipelajari di jurusan Antropologi, sekarang, aku bakalan ngasih tau juga nih kemampuan apa aja sih yang bisanya dimiliki oleh anak Antrop. Bukan main-main loh Sob, kemampuan yang dimiliki anak Antrop ini bakalan berguna banget nantinya; baik secara akademik maupun untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya, kan anak Antrop tuh belajar mengenai manusia dan kebudayaannya, ya. Nah, bersamaan dengan itu, kita jadi tau nih segala perbedaan yang terjadi di sekitar kita; seperti misalkan di Indonesia manggil yang lebih tua harus pakai ‘mas’ ‘mbak’ ‘kak’, sedangkan di Amerika langsung menyebut nama.

Kalo udah tau hal-hal sejenis itu, kemampuan kita untuk menjadi lebih toleran dan mengerti sudut pandang orang lain sudah didapatkan, Sob. Kalo di Antropologi namanya emic; memahami dengan sudut pandang orang lain. Keren banget gak tuh?!

Gak cuman itu, karena diajarin juga bagaimana cara membaca yang efektif melalui mata kuliah Membaca Etnografi, kemampuan untuk memahami teks secara lebih komprehensif juga menjadi keunggulan anak Antrop Sob. Oh iya, kemampuan penelitian juga menjadi hal yang pasti dimiliki sama anak Antrop, terutama penelitian kualitatif untuk mengetaui secara mendalam berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Aselii.

Udah? Itu aja kah? Ohh tentu aja enggak, dong. Dengan menjadi anak Antrop, pengetahuan yang dimiliki pasti bakalan kaya banget, deh!

Prospek Kerja Prodi Antropologi

Terus, kegunaan Antrop tuh apasih? Emangnya dibutuhin yaa? Ohiyalah jelas! Banyak banget Sob kegunaan Antropologi di dunia modern seperti ini.

Peneliti

Dengan skills set yang dimiliki, Antropologi bisa banget menjadi peneliti yang mampu menggambarkan berbagai fenomena sosial secara mendalam dan utuh. Itu bisa jadi bahan untuk merumuskan kebijakan publik supaya lebih berdampak dan tepat sasaran. Tuh, penting banget kan!

Jurnalis dan Penulis

Selain itu, anak Antrop bisa juga jadi penulis ataupun jurnalis. Kemampuannya untuk bisa memahami sudut pandang orang lain menjadi kelebihan tersendiri dalam menghasilkan produk tulisan atau jurnalistik yang lebih menyentuh hati pembacanya.

NGO atau LSM

Buat yang tertarik terjun di bidang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Government Organization (NGO) juga bisa banget, tuh!

Di Perusahaan

Atau mau terjun di dunia korporasi? Ohh tentu bisa! Anak Antrop bisa juga jadi evaluator program perusahaan. Bahkan, dengan kemampuan risetnya, Antropologi juga berperan dalam perumusan program perusahaan, loh. Banyak banget kan prosepek kerjanya?!

Suatu hal yang penting buat temen-temen ketahui juga tentang Antropologi selain apa yang udah aku jelasin sebelumnya, bahwa Antropologi tuh punya jejaring kekerabatan se-Indonesia loh, namanya Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI) yang menghubungkan semua anak Antrop se-Indonesia di 18 kampus berbeda. Selain dapat ilmu, dapet relasi juga, tuh!

Jadi, tunggu apa lagi? Aku tunggu kehadiran sobat Mika semua di Antropologi, yaa!

Oh iya, dalam penentuan jurusan atau program studi, kalian harus banget menerapkan hal-hal berikut supaya tidak salah jurusan. Apa aja? Tips Supaya Tidak Salah Memilih Jurusan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *