Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

2 min read

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikas

Kenalan lebih jauh tentang jurusan ilmu komunikasi, fakta didalamnya serta prospek kerja 5 tahun kedepan.

Apa benar kalau menjadi mahasiswa prodi ilmu komunikasi itu sudah pasti pintar berbicara di depan orang banyak, seorang ekstrovert dan paling santai? Yup, belum tentu. Itu semua hanya sebagian dari sekian banyak stigma orang lain mengenai prodi ilmu komunikasi. Padahal, dibalik itu semua masih terdapat banyak hal-hal menarik terkait ilmu komunikasi yang patut diketahui lho. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak lebih lanjut!

Pengertian Ilmu Komunikasi

Eits, tapi sebelum itu kita perlu tahu lebih dulu nih apa itu prodi ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi merupakan program studi yang mempelajari tentang bagaimana manusia berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Tidak hanya itu, di jurusan ini kalian juga akan mempelajari lebih dalam mengenai bentuk-bentuk komunikasi, mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, bahkan sampai komunikasi massa. Pasti menarik sekali kan?

Bagi kalian yang berminat terjun dalam bidang jurnalistik, periklanan atau bahkan hubungan masyarakat pasti cocok banget nih jadi mahasiswa ilmu komunikasi! Tapi jangan salah lho, ternyata persaingan untuk bisa diterima dalam jurusan ini ternyata tidak mudah.

Keketan Jurusan Ilmu Komunikasi

Di tahun 2020 lalu, ilmu komunikasi ditempatkan sebagai salah satu jurusan dalam ruang lingkup soshum yang memiliki daya saing paling tiggi. Keketatan persaingan lewat jalur SNMPTN saat itu berkisar dari 1,33%-2,8%. Universitas Indonesia mencatat sebanyak 2.988 peserta SNMPTN mendaftarkan diri untuk memperebutkan tempat dengan daya tampung yang sangat terbatas.

Sementara itu, Universitas Indonesia sendiri hanya menerima 24 sebagai peserta yang lolos. Sedangkan di universitas ternama lainnya seperti Universitas Gadjah Mada, ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang paling diincar dengan jumlah pendaftar SBMPTN sebanyak 2.205 peserta dan hanya menetapkan kapasitas penerimaan untuk 27 orang peserta saja

Walaupun terbilang sulit, tapi kalian tidak perlu khawatir! Kalian bisa kok mempersiapkan diri dari sekarang! Untuk kalian yang masih duduk dibangku SMA dan akan berjuang melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN, sebaiknya mulai meningkatkan nilai kalian pada beberapa mata pelajaran penunjang seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi ya!

Kalau kalian masih bingung sob tentang perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, bisa banget baca Perbedaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Mata Kuliah yang Diajarkan

Lalu, setelah menjadi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi apa saja sih mata kuliah yang akan kalian dapatkan? Nah, biasanya di semester awal kalian akan diberikan beberapa mata kuliah yang mempelajari tentang dasar-dasar ilmu komunikasi, mulai dari pengantar ilmu komunikasi, teori ilmu komunikasi, psikologi komunikasi bahkan komunikasi massa.

Eh, tapi tunggu dulu deh, ini kan jurusan ilmu komunikasi tapi kok malah mempelajari hal-hal berbau psikologi sih? Tenang saja, disini kalian akan mengkaji lebih dalam mengenai bagaiman manusia berkomunikasi jika dilihat dari sudut pandang psikologinya. Asyik banget kan? Ternyata jurusan ilmu komunikasi itu sangatlah luas lho!

Sebelum memilih jurusan, pastikan kamu tau mata kuliah yang diajarkan ya supaya nanti tidak merasa salah jurusan. Faktor salah jurusan banyak, lebih jelasnya baca Penyebab Mahasiswa Marasa Salah Jurusan.

Prospek Kerja

Bagian yang paling ditunggu-tunggu setelah menjadi mahasiswa dan mendapatkan gelar sarjana tentulah terjun ke dunia kerja bukan? Pasti kalian ingin tahu kan bagaimana sih prospek kerja di jurusan ilmu komunikasi ini? Merupakan bidang yang cukup luas, ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dibutuhkan di sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, kalian sebagai sarja ilmu komunikasi dapat memiliki kesempatan terbuka dalam mencari pekerjaan. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang cocok untuk para lulusan ilmu komunikasi!

Public Relation

Public relation atau yang lebih dikenal dengan istilah Humas berkewajiban mempertahankan dan memperbaiki citra sebuah perusahaan dimata publik baik secara internal maupun eksternal. Untuk menjadi seorang PR, kalian perlu memiliki beberapa kemampuan khusus salah satunya adalah kemampuan menjalin komunikasi interpersonal secara baik.

Copywriter

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi sebagai Copywriter

Tak hanya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik secara verbal, lulusan ilmu komunikasi juga harus dapat menyampaikan informasi secara nonverbal melalui tulisan. Seorang copywriter bertugas untuk mempromosikan suatu produk yang ditulis dengan kreatif dan sesuai target pasar.

Reporter

Kalau yang satu ini, sesuai banget nih bagi kalian yang menggemari bidang jurnalistik! Untuk menjadi reporter, kalian perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik dan kepercayaan diri untuk bisa berbicara di depan kamera. Lulusan ilmu komunikasi dirasa tepat untuk menempati posisi ini sebab reporter harus dapat menyampaikan informasi seefektif mungkin tanpa adanya script ataupun teks ketika melaporkan suatu kejadian yang tidak terduga.

Tenang kok, masih banyak lagi prospek kerja yang mungkin kalian dapatkan sebagai seorang lulusan ilmu komunikasi. Terbukti kan kalau menjadi mahasiswa ilmu komunikasi itu menyenangkan sekali? Bagaimana dengan kalian? Apa sudah memantapkan diri untuk menjadi salah satu mahasiswa ilmu komunikasi terbaik? Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *