Kenalan Yuk Sama Jurusan Ilmu Hukum!

6 min read

kenalan sama Jurusan Ilmu Hukum

Halloo sobat MIKA, gimana nih kabarnyaa? Semoga pada sehat dan ceria selalu yaa. Pada kali ini, aku bakalan bahas salah satu jurusan kuliah yang pastinya udah gak asing lagi di telinga kalian. Yap, bener banget, jurusan Ilmu Hukum. Kebetulan aku sendiri adalah mahasiswa semester 4 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

FYI nih gengs, jurusan Ilmu Hukum ini biasanya ada di Fakultas Hukum dan selalu jadi top 5 jurusan terfavorit rumpun soshum di tiap-tiap kampus loh! Secara, siapa sih yang gatau Hotman Paris yaa kan? Siapa juga yang gak tergiur sama kehidupan glamour para lawyer ibukota itu.

Eh, tapi sebelum kalian memutuskan untuk daftar kuliah di jurusan hukum, aku mau kasih info tipis-tipis nih soal apa aja sih yang bakalan kalian pelajarin di Ilmu Hukum, peminatan apa aja yang ada di dalemnya dan prospek kerja apa aja yang bisa kalian dapetin selepas lulus kuliah dari Fakultas Hukum.

Ohiya, kuliah di Fakultas Hukum (FH) itu ga cuma sekedar ngapalin pasal atau buku yang tebel-tebel terus nanti ujung-ujungnya jadi pengacara gengs. Sumpah, ga cuma itu aja, tapi banyak hal-hal lain yang bisa kalian dapetin di FH. Daripada nunggu lama, kuy kita langsung aja simak artikel ini biar kalian semua bisa makin kenal nih sama jurusan Ilmu Hukum

Apa aja hal yang bakal dipelajari di Fakultas Hukum?

Nah, sesaat kalian dinyatakan resmi jadi anak hukum, kalian bakalan ketemu nih sama yang namanya mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Jadi disitu kalian bakalan belajar semua aspek dasar dari ilmu hukum, yang tentu ini bakalan berguna dan kepake banget buat kelancaran kuliah kuliah selama empat tahun kedepan sampe jadi Sarjana Hukum.

Simpelnya, di PIH kalian bakal belajar ilmu hukum secara universal yang jadi dasar semua hukum yang berlaku di seluruh dunia gengs, kaya apa sih sebenernya pengertian ilmu hukum, dari mana aja sumber hukum itu berasal, keadilan itu yang bentukannya gimana sih, dan masih banyak lagi gengs. Kalo di PHI, kalian bakalan belajar tentang semua seluk beluk hukum yang berlaku di Indonesia kaya contohnya Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara dan masih banyak yang lain.

Nah, dari PIH sama PHI itu bakalan turun dan bercabang lagi jadi mata kuliah-mata kuliah spesifik kaya misalnya mata kuliah Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional dan mata kuliah-mata kuliah lain gengs. Ga cuma itu loh gengs, selama kuliah di FH kalian bakalan nemu adagium-adagium menarik yang bisa bikin kalian keliatan keren loh.

Adagium ini misalnya kaya fiat justicia ruat caelum (dimana ada masyarakat, disitu ada hukum), pacta sund servanda (perjanjian mengikat para pihak yang membuatnya dan harus dilaksankan dengan itikad baik), sama Nullum delictum nulla poena sine praevia lege poenali (perbuatan hanya bisa dihukum apabila sudah ada ketentuan hukum yang mengaturnya terlebih dahulu).

Selain itu, karena Indonesia pernah menjadi jajahan Belanda, kalian juga bakalan ketemu banyak istilah-istilah dalam bahasa Belanda kaya beschikking (keputusan), regeling (peraturan), Burgerlijk Wetboek (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata) dan masih banyak lagi.

Apa saja peminatan yang ada di Fakultas Hukum?

Ilmu Hukum itu bener-bener luas buanget gengs. Saking luasnya, cukup mustahil buat kita bisa dalamin semua cabang ilmu hukum satu-satu. Makanya, pas kalian nanti masuk semester tiga atau lima, kalian bakalan ketemu sama penjurusan atau peminatan-peminatan nih. Peminatan ini biasanya beda-beda tiap kampus, tapi aku bakalan ngasih beberapa gambaran sesuai dengan peminatan yang ada di kampusku nih :

Hukum Pidana

Peminatan ini udah lama banget ada dan populer juga gengs. Disini kalian bakalan belajar tentang apa aja sih perbuatan yang dilarang, gimana aturannya, sama gimana cara mengenakan hukuman ke orang yang udah ngelanggar aturan tadi. Contoh mata kuliahnya adalah Kriminologi dan Viktimologi.

Hukum Perdata

Sama kaya Hukum Pidana, peminatan ini udah sama seniornya dan tenar juga di kalangan mahasiswa hukum. Peminatan ini bakalan ngajak kalian memperdalam soal hubungan hukum antar individu atau antar subjek hukum lengkap sama hak, kewajiban dan konsekuensinya. Contoh mata kuliah peminatan ini adalah Hukum Perselisihan.

Hukum Tata Negara (HTN)

Peminatan ini bakalan bikin kalian paham soal fungsi, peran beserta struktur dari organ-organ maupun lembaga-lembaga negara. Peminatan ini cocok buat kalian yang suka sama hal-hal terkait isu kenegaraan nih gengs, dan salah satu contoh mata kuliahnya adalah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi.

Hukum Administrasi Negara (HAN)

Nah, banyak banget nih yang masih bingung sama peminatan ini. Apa bedanya emang sama HTN? Jadi gengs, kalo di HTN lo belajar soal organ dan lembaga-lembaga negara itu dalam kondisi statis, nah kalo HAN bakalan belajar soal organ dan lembaga-lembaga negara itu dalam posisi dinamis, yaitu pas organ atau lembaga itu negelaksanain fungsinya gengs. Peminatan ini cocok banget buat lo yang mau berkarir di bidang birokrasi dan contoh mata kuliahnya adalah Hukum Kepegawaian.

Hukum Internasional (HI)

Salah satu peminatan yang prestisius nih di FH. Intinya di peminatan HI ini, kalian bakal belajar soal keseluruhan asas dan kaidah hukum yang mengatur persoalan atau hubungan lintas batas negara. Hubungan ini ga cuman antar negara loh, tapi ada juga hubungan sama organisasi internasional; palang merah internasional, bahkan dengan pemberontak! Mata kuliah yang ada di peminatan ini contohnya adalah Hukum Laut dan Hukum Udara.

Hukum Ekonomi (HE)

Peminatan ini bakalan ngajak lo belajar semua seluk-beluk regulasi yang megatur kehidupan di bidang ekonomi. Peminatan ini banyak banget jadi inceran loh gengs, karena banyak banget dibutuhin nih sama perusahaan dan industri-industri terkait. Contoh mata kuliah yang dipelajarin di peminatan ini adalah Hukum Perbankan dan Hukum Ketenagakerjaan.

Hukum Lingkungan, Tata Ruang dan Agraria (LITRA)

Sering denger ga sih berita soal pemerintah ngasih perizinan buat bikin bangunan, buka lahan atau buka area pertambangan? Nah, anak LITRA bakalan ngulik semua hal itu gengs. Peminatan ini bakalan bikin kalian kenal lebih jauh sama pengaturan-pengaturan hukum di bidang lingkungan, pertanahan dan penataan ruang. Contoh mata kuliahnya adalah Hukum Tata Ruang dan Hukum Pertambangan.

Hukum Teknologi Informasi Komunikasi dan Kekayaan Intelektual (TIKKI)

Peminatan ini lagi hype banget nih gengs, tau ga kenapa? Karena bidang ilmunya ini masih fresh banget dan applicable banget di kehidupan sehari-hari. Simpelnya, di peminatan ini kalian bakalan ketemu sama bahasan hak cipta, royalty, merek, pencurian data pribadi, cyber crime dan masih banyak lagi. Seru banget deh pokoknya peminatan ini.

Hukum Bisnis Transnasional

Peminatan ini semacam kombinasi dari peminatan Hukum Ekonomi dan Hukum Internasional. Disini kalian bakalan belajar regulasi di bidang ekonomi internasional gengs dan contoh mata kuliahnya adalah Hukum Kontrak Internasional.

Baca Juga : 10 Prodi Favorit Unesa di SNMPTN 2021

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Nah, seperti yang udah aku bilang di atas kalo emang prospek kerja lulusan ilmu hukum ini luas banget gengs, ya karena emang dasarnya yang dipelajari juga banyak banget. Kalian bisa liat deh di kehidupan sehari-hari, apa-apa pasti bersinggungan sama hukum; mau beli tanah ada aturannya, mau bikin janji sama orang ada aturannya, bahkan mau komen di sosmed pun ada aturannya.

So, ini dia beberapa prospek kerja buat lulusan jurusan hukum. Disini aku cuma ngasih contoh beberapa aja yaa, karena emang kalo dijabarin semua disini dijamin gaakan cukup. hehe

Pengacara atau Lawyer

Profesi ini merupakan incaran utama dari banyak mahasiswa hukum gengs. Ga cuma itu, profesi ini juga udah melekat banget di pandangan masyarakat sampe-sampe ada anggapan klise kalo misalnya kalian jadi mahasiswa hukum, pasti bakal jadi pengacara.

Nah, kerjain pengacara inituh sebenernya ngapain sii? Jadi kerjaan pengacara itu adalah memberikan pendampingan hukum bagi klien supaya hak-hak nya tidak terlanggar selama menjalani suatu proses hukum. Aku tegasin sekali lagi disini yaa, kalo sebenernya yang dibela pengacara itu bukan klien, tapi justru tegaknya hukum itu sendiri. Pengacara punya tugas buat mastiin kalo hukum diterapin dengan benar gengs dan tidak melanggar hak-hak dari klien.

Kalo kalian mau jadi pengacara, ada jenjang tertentu yang harus kalian tempuh setelah menyandang gelar Sarjana Hukum. Setelah lulus, kalian harus ikut dulu Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diadain sama Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Pas udah lulus PKPA, kalian juga harus magang dulu dua tahun di lawfirm sebelum nantinya bisa disumpah di Pengadilan Tinggi dan sah jadi pengacara. Satu hal yang pengen aku tegasin juga adalah kalo pengacara ini spesialisasinya macem-macem gengs, gak cuma di bidang pidana aja, tapi semua bidang ilmu hukum ada pengacaranya.

Jaksa

Profesi ini merupakan salah satu unsur dalam sistem peradilan pidana. Jaksa sendiri punya tugas sebagai wakil negara dalam melakukan penuntutan terhadap suatu tindak pidana. Buat jadi jaksa, kalian harus lulus dulu tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lulus pendidikan pembentukannya juga gengs.

Notaris dan PPAT

Kalian pasti ga asing deh sama papan di jalan yang tulisannya “Notaris & PPAT”. Notaris dan PPAT ini juga jadi salah satu profesi inceran mahasiswa hukum nih. Notaris sendiri adalah orang yang punya wewenang buat bikin akta yang otentik gengs, baik itu berkaitan dengan suatu perbuatan, perjanjian atau ketetapan. Nah, kalo PPAT tugasnya bikin akta yang berkaitan sama tanah gengs.

Buat jadi Notaris dan PPAT, kalian juga harus memenuhi beberapa syarat dan jenjang. Khusus buat Notaris, kalian harus lulus minimal S2 Kenotariatan dan magang di kantor notaris minimal selama 12 bulan. Ga cuma itu, umur kalian juga minimal harus udah 27 tahun buat bisa diangkat jadi notaris.

Legal Staff Perusahaan

Setiap perusahaan pasti butuh yang namanya legal staf atau tim legal. Tim legal ini tugasnya ada yang bikin perjanjian kerja, peraturan perusahaan, sampai nanganin perkara hukum yang melibatkan perusahaan gengs. Selain itu, tim legal juga punya tugas buat mastiin kalo perusahaan sudah memenuhi ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku manakala terjadi perubahan regulasi.

Diplomat

Bener banget gengs, lulusan ilmu hukum pun bisa jadi diplomat. Hampir setiap tahunnya ada alokasi khusus buat posisi diplomat berlatar belakang jurusan ilmu hukum. Profesi ini juga cukup menjadi incaran karena kalian bakalan bisa jadi perwakilan Indonesia di negara lain disamping tentunya menjelajah negara-negara baru beserta kehidupan dan kondisinya yang unik!

Baca Juga : Mengenal Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Prospek Kerja

Buat kalian yang minat jadi diplomat, kalian harus lulus dulu tes CPNS di Kementerian Luar Negeri sama lulus juga pendidikan pembentukan diplomat.

Segitu aja gengs yang bisa aku sampein soal seluk-beluk jurusan ilmu Hukum. Lumayan jadi lebih kenal, kan, sekarang? Oh iya, kalo kalo minat masuk jurusan hukum, gaperlu khawatir karena hampir setiap kampus pasti ada aja Fakultas Hukumnya. Beberapa Law School terkenal sendiri di Indonsia antara lain:

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Airlangga

Okedeh gengs, mungkin segitu aja yaa. Ikuti terus informasi maupun TryOut yang dilakuin sama Analitica yaa, jangan sampai kelewatan. Pokoknya, ditunggu kehadiran kalian semua di Fakultas Hukum!