Keren Banget! Ini Cara Belajar Ala Drama Korea!

2 min read

drama korea

Halo Sobat Mika yang masih semangat belajar! Semoga semangatnya tetap terjaga hingga masuk perguruan tinggi idaman yaa… Jika Sobat Mika sekalian merasa kelelahan dalam menjalani aktivitas belajar kalian, tidak ada salahnya Sobat Mika sekalian menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak agar sobat Mika sekalian dapat kembali merasa segar untuk belajar lagi nantinya.

Untuk mengisi waktu istirahat, sepertinya menonton drama Korea sangat cocok nih untuk Sobat Mika sekalian. Karena popularitasnya di kalangan anak-anak muda dan bahkan juga orang dewasa, saat ini kita bisa menemukan hampir semua genre di serial-serial drama yang berasal dari Korea Selatan. Dari drama-drama Korea tersebut tentunya Sobat Mika sekalian juga dapat mengambil beberapa pelajaran loh.

Salah satu contohnya adalah tips-tips yang dapat berguna ketika sobat Mika sedang belajar. Dari drama “God of Study” (2010) dan “SKY Castle” (2018), pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas bersama-sama tentang bagaimana, sih cara belajar yang efektif menurut karakter-karakter drama Korea. Yuk, capcus!

TIPS BELAJAR DARI DRAMA “GOD OF STUDY”

Metode “Tenis Meja”

Tenang Sobat Mika sekalian, metode ini bukannya menganjurkan untuk belajar sambil main tenis meja. Tetapi, metode ini mengumpamakan sistem belajar berkelompok yang diibaratkan sebagai permainan tenis meja. Sistem belajar ini seperti permainan kecil-kecilan dimana salah satu anggota kelompok belajar akan memberi pertanyaan kepada anggota lainnya, dan anggota lain yang ditunjuk untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan batas waktu yang ditentukan.

Apabila jawaban benar, maka ia diperbolehkan untuk menunjuk orang lain untuk menjawab pertanyaan yang ia buat sendiri, dan begitu seterusnya. Metode ini bisa banget digunakan Sobat Mika saat belajar berkelompok, nih!

Baca Juga : Inilah Keuntungan dan Manfaat Dibalik Gap Year!

The 5 Minute Rule

Metode ini mungkin sudah sering diterapkan oleh Sobat Mika saat belajar dari buku bank soal. Percaya atau enggak, metode ini sangat ampuh dan mudah untuk dilakukan, loh. Sobat Mika tinggal menyiapkan lembar soal beserta kunci jawabannya dan kerjakan soal satu persatu dengan batas waktu 5 menit per soalnya, tentunya tanpa melihat kunci jawabannya, dong.

Jika satu soal tidak dapat diselesaikan dalam waktu 5 menit, maka Sobat Mika boleh mengintip kunci jawabannya dan memahami soal lebih dalam. Setelah itu untuk pengayaan, Sobat Mika harus mencari soal yang setipe dan mengerjakannya setelah memahami jawabannya.

Coba Mind Mapping!

Ternyata untuk membuat rangkuman sendiri pun diberitahu tekniknya di drama ini, loh. Mind Mapping merupakan salah satu metode merangkum paling populer di kalangan siswa dimana para siswa menulis poin-poin dari suatu subjek dan dikembangkan menjadi poin-poin lainnya yang saling bercabang dan berkesinambungan di dalam suatu sistem yang berantai. Siswa juga dianjurkan untuk menghias mind map mereka sekreatif mungkin agar mereka dapat memahami materi dengan mudah.

Mengupgrade Teknik Menghafal

Sobat Mika lihat tokoh Chan Doo yang belajar sambil menari? Atau bahkan Baek Hyun yang belajar sambil makan? Nah, itu adalah contoh dari metode ini dimana Sobat Mika dapat menghafal sambil melakukan hal yang Sobat Mika sukai. Tentunya yang juga membantu segala materi hafalan untuk mudah dimengerti dan diingat. Mungkin, Sobat Mika perlu mencoba untuk membuat lagu ringan untuk hafalan yang panjang, atau bahkan membuat akronim unik dari poin-poin hafalan tersebut, dijamin akan langsung masuk ke otak!

TIPS FROM “SKY CASTLE”

Atur Suasana Ruang Belajarmu

Menurut drama “SKY Castle” ini, penggunaan warna lampu yang berbeda-beda tergantung mata pelajaran yang dipelajari dapat meningkatkan efektivitas belajar. Contohnya, penggunaan lampu bercahaya biru sekitar 8000 kelvin dapat meningkatkan performa belajar di bidang matematika dan sains yang bersifat logika, cahaya putih sekitar 4000 kelvin untuk pelajaran hafalan seperti pelajaran sosial dan sejarah, dan juga cahaya merah sekitar 2000 kelvin untuk pelajaran seni dan musik yang membutuhkan kreativitas.

Suhu ruangan juga harus diatur menjadi sekitar 20-23 derajat celcius untuk meningkatkan produktivitas siswa. Siswa juga disarankan untuk menaruh meja sekolah di ruang belajarnya untuk membuat suasana seperti sedang ujian sekolah.

Lakukan Meditasi

Karakter Yoo Jung seringkali mengadakan aktivitas meditasi dengan tujuan untuk menenangkan pikiran, menjaga fokus belajar, mengendalikan kecemasan, dan tentunya mengurangi stress. Metode merupakan salah satu metode paling ampuh untuk sesi cooling down pada saat sebelum dan sesudah belajar untuk menghadapi ujian. Sobat Mika dapat melakukannya dengan cara yang berbeda-beda, seperti mengatur nafas, meredam segala bentuk bunyi yang tak perlu, dan lain-lain.

Panggil Tutor untuk Membantumu Belajar

Agar sesi belajar mengajar lebih efektif dan lebih terarah, memanggil guru les atau tutor dapat membantu Sobat Mika sekalian untuk memahami pelajaran. Memang metode ini akan menuntut Sobat Mika sekalian untuk merogoh kocek lebih dalam demi mendapat nilai bagus saat ujian nanti. Tapi percayalah, dengan adanya tutor atau guru les sangat membantu, loh. Jika Sobat Mika bukan tipe yang suka belajar privat, maka Sobat Mika dapat datang ke tempat les untuk belajar bersama teman-teman untuk interaksi yang lebih maksimal.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Jatuh Cinta Membaca Buku

Wah, banyak juga ya tips belajar yang bisa dipraktekkan dari drama Korea. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa untuk terus belajar hingga suskes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *