Selayang Pandang Universitas Padjadjaran

7 min read

universitas padjadjaran

Halo temen-temen, apa kabar? Semoga kabar kalian baik ya hari ini. Kenalin, nama aku Sidiq Maulana, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran angkatan 2019. Kali ini aku bakalan bahas tentang salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Barat nih, yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad). Buat kalian yang masih bingung bakal lanjut ke perguruan tinggi mana, tulisan ini mungkin bisa jadi jawaban dari kebingungan kamu. Pembahasan di tulisan ini tentunya berdasarkan pengalaman aku pribadi selama kuliah hampir dua tahun di Unpad.

Sebelum lanjut, aku mau kasih tahu dulu kalau Unpad selama 7 tahun berturut-turut, terhitung dari tahun 2018, jadi perguruan tinggi dengan pendaftar terbanyak di Indonesia. Keren banget kan? Buat kalian yang berhasil masuk kesini, kalian adalah manusia terpilih yang berhasil ngalahin banyak orang. Biar nggak panjang-panjang, kita langsung ke pembahasan aja yuk!

Sejarah Singkat

Universitas Padjadjaran berdiri pada tanggal 11 September 1957 melalui Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1957 dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957. Unpad berdiri atas prakarsa dari tokoh-tokoh di Jawa Barat yang menginginkan berdirinya suatu perguruan tinggi sebagai tempat bagi pemuda-pemudi untuk menuntut ilmu.

Pada masa awal berdiri, Unpad memiliki 4 fakultas, yaitu: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan dan Fakultas Kedokteran. Saat ini Unpad semakin berkembang dan jumlah fakultas yang ada semakin bertambah, menjadi 16 fakultas. Sejak tahun 1979, secara bertahap Unpad memusatkan kegiatan akademisnya di Kampus Jatinangor dimana seluruh perkuliahan jenjang S1 mulai dari tahun 2016 sudah bertempat di kampus ini.

Selain itu, sejak tahun 2014 Unpad telah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum melalui Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penetapan Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang ditandatangani Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 17 Oktober 2014. 

Lokasi Kampus

Unpad punya dua kampus utama, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Jl. Dipatiukur No. 35 Kota Bandung dan Kampus Jatinangor di Jl. Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Unpad juga memiliki dua Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU), yaitu Kampus Garut dan Pangandaran. Selain lokasi kampus utama di atas, Unpad juga memiliki banyak fasilitas yang tersebar di wilayah Bandung seperti Rumah Sakit Gigi dan Mulut di daerah Sekeloa, Gedung Fakultas Hukum di Jl. Banda, Cimandiri dan Imam Bonjol, SPLPP Unpad Ciparay dan Arjasari di Kabupaten Bandung, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Secara garis besar, Kampus Unpad Jatinangor terbagi kedalam dua koridor yaitu Rumpun Saintek dan Soshum. Beberapa fasilitas yang ada di kampus Unpad Jatinangor antara lain:

– Asrama Padjadjaran
– Perpustakaan Pusat
– Laboratorium Central
– Stadion Jati Padjadjaran
– Bale Santika
– Masjid Raya Unpad (Bale Aweuhan)
– ATM Center
– Gedung UKM Barat dan Timur
– Pusat Bahasa
– Angkutan Kampus (Odong-odong)

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak fasilitas-fasilitas kece lain untuk mendukung kegiatan dari civitas academica Unpad yang tentunya tidak akan cukup untuk disebutkan satu persatu. Lengkap banget kan?

Baca Juga : Persiapkan Ini Setelah Kamu Gagal SNMPTN

Fakultas

Unpad sendiri saat ini memiliki 16 Fakultas yang terbagi ke dalam Rumpun Saintek dan Soshum, diantaranya:

1. Fakultas Kedokteran (FK)

FK Unpad merupakan salah satu fakultas terfavorit di Rumpun Saintek. Gedung perkuliahan FK Unpad terletak di dekat Masjid Raya Unpad Jatinangor. Berdasarkan cerita dari teman di FK, perkuliahan di FK memang sangat padat, sehingga tidak heran berkembang stereotip bahwa mahasiswa FK jarang terlihat aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat kampus. Tapi, sebetulnya banyak mahasiswa FK yang aktif berkegiatan kok. FK di kalangan mahasiswa juga terkenal sebagai tempatnya dari anak-anak pintar.

Fakultas ini cocok bagi kalian yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang Dokter dengan beberapa program studi diantaranya: S1 Pendidikan Dokter, Kedokteran Hewan, D4 Kebidanan, program profesi dan spesialis serta pascasarjana.

2. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

FKG terletak persis di sebelah gedung FK. Daerah gedung FKG ini nyaman banget karena suasananya yang teduh dan rindang. FKG terkenal sebagai fakultas yang didominasi oleh perempuan, sehingga tak heran bahwa menjadi anggapan umum di kalangan mahasiswa bahwa FKG adalah sarangnya cewek-cewek cantik. Selain itu, FKG terkenal dengan kantinnya yang punya berbagai menu yang lezat dan murah.

FKG ini cocok banget buat kamu yang punya cita-cita jadi dokter gigi. Program studi yang ada di fakultas ini diantaranya adalah S1 Kedokteran Gigi dan program spesialis dan profesi.

3. Fakultas Keperawatan (FKep)

FKep punya gedung perkuliahan yang bersih dan modern, terletak diantara Fakultas Psikologi dan Kedokteran. FKep didominasi oleh kaum perempuan dan biasanya dicirikan dengan mahasiswanya yang berpakaian rapi. Fakultas ini cocok bagi kamu yang ingin berkarir di dunia keperawatan dengan program studi diantaranya S1 dan S2 Keperawatan serta Profesi Ners.

4. Fakultas Psikologi (Fapsi)

Gedung perkuliahan Fapsi terletak diantara Fakultas Keperawatan dan FMIPA. Fapsi di Unpad ini masuk ke dalam rumpun saintek. Buat kamu yang passionate dan tertarik sama hal-hal yang berbau psikologi, Fapsi adalah tempat yang tepat. Program studi yang tersedia antara lain S1 Psikologi dan Program Pascasarjana serta Profesi.

5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

FMIPA merupakan salah satu fakultas yang punya mahasiswa dan gedung terbanyak di Unpad. FMIPA cocok buat kamu yang tertarik dan berniat untuk lebih memperdalam lagi ilmu-ilmu alam, dimana nantinya kamu bisa bekerja sebagai ilmuwan, insinyur bahkan bankir. Fakultas ini biasanya dicirikan sebagai fakultas yang cenderung religius dan mahasiswanya yang membawa buku-buku yang berat. Program studi yang ada di FMIPA antara lain: S1 Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Statistika, Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan Aktuaria serta Program Pascasarjana.

6. Fakultas Pertanian (Faperta)

Faperta punya gedung yang cukup tua dengan suasana yang rindang. Faperta terkenal akan mahasiswanya yang sering praktik di kebun Unpad. Kamu tertarik terhadap topik-topik pertanian dan penasaran bagaimana pertanian berjalan secara efektif? Bisa banget untuk daftar ke Faperta. Faperta punya program studi S1 Agroteknologi, Agribisnis, dan Program Diploma serta Pascasarjana.

7. Fakultas Peternakan (Fapet)

Fapet punya gedung perkuliahan disebelah gedung Faperta. Fapet mempelajari bagaimana mekanisme peternakan berjalan secara menyeluruh, meliputi bagaimana manajemen, produksi, hingga pemasaran produk hasil ternak. Berniat menjadi wirausahwan ternak? Jangan ragu untuk masuk Fapet. Fakultas ini terkenal dengan kekompakan dan solidaritas mahasiswanya terutama dalam ajang perlomban olahraga. Program studi yang ada di Fapet diantaranya adalah S1 Peternakan dan Program Pascasarjana.

8. Fakultas Teknik Geologi (FTG)

FTG merupakan fakultas pecahan dari FMIPA yang fokus mempelajari segala hal tentang bumi dari segi geologi. Gedung perkuliahan fakultas ini cukup modern dan rindang di bagian tertentu. Kamu yang suka field trip, olahraga, berniat kerja di pertambangan dan jadi menantu idaman cocok deh kuliah disini. FTG terkenal sebagai fakultas yang didominasi oleh kaum pria yang macho. Mahasiswa fakultas ini bisa dicirikan dengan kekompakan dan yel-yel keren dalam setiap ajang perlombaan, dengan baju himpunan kebanggan berwarna oranye. Program studi yang tersedia antara lain S1 Teknik Geologi dan Program Pascasrjana.

9. Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP)

FTIP punya gedung perkuliahan yang ada di wilayah utara kampus, dekat kawasan rektorat, dengan suasana yang cukup gersang. Fakultas ini fokus dalam mempelajari pengolahan produk hasil pertanian. Fakultas ini cocok buat kamu yang tertarik dan kreatif dalam mengolah hasil pertanian jadi produk-produk yang keren. FTIP identik dengan mahasiswanya yang sering menjual produk hasil inovasi mereka dalam acara kampus. Program studi yang ada di FTIP antara lain Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian dan Program Pascasarjana.

10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)

FPIK memiliki gedung perkuliahan di utara kampus, dekat dengan rektorat. FPIK punya beberapa program studi yaitu S1 Perikanan, Ilmu Kelautan dan Program Diploma serta Pascasarjana. fakultas ini fokus mempelajari bagaimana mengelola dan membudidayakan sumber daya perairan. Kalo kamu suka diving, berternak ikan ataupun aktivis kelestarian perairan, kamu bisa jadi jodoh sama fakultas ini. Mahasiswa FPIK dicirikan dengan atribut berbau laut seperti lumba-lumba dan jangkar dalam acara perlombaan olahraga kampus.

11. Fakultas Farmasi (FF)

Farmasi adalah bidang ilmu yang fokus mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan obat, makanan dan minuman. Gedung perkuliahan Farmasi terletak persis di samping gedung rektorat. Farmasi punya program studi S1 Farmasi dan Program Profesi serta Pascasarjana. Fakultas ini ditujukan bagi kamu yang ingin menjadi Apoteker, Quality Control industri makanan dan minuman, maupun bekerja di BPOM. Mahasiswa fakultas ini lekat dengan citra pakaian rapih dan jas laboratorium serta kotak obat.

12.  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

FISIP merupakan salah satu fakultas paling ramai di rumpun soshum. Program studi yang ada di fakultas ini antara lain S1 Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, Antropologi, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, dan Ilmu Politik serta Program Diploma dan Pascasarjana. FISIP punya gedung perkuliahan yang sangat asri karena dipenuhi dengan pepohonan, di depan Stadon Jati Padjadjaran, sebelah kanan dari arah gerbang lama.

FISIP secara umum cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang diplomat, birokrat, administrator, pekerja sosial, peneliti serta profesi lainnya di bidang sosial. Mahasiswa dari fakultas ini terkenal kritis dan peka terhadap isu-isu faktual di masyarakat, dan tak jarang turun ke jalan untuk menyuarakannya.

13. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

FIB punya gedung yang bersebelahan dengan FISIP dan FH. Fakultas ini dikenal dengan mahasiswanya yang nyentrik dibanding fakultas lain, cocok bagi kamu yang tertarik mendalami dunia sastra (linguistik, kebahasaan) dan kebudayaan. Program studi yang ada di fakultas ini antara lain S1 Sastra Indonesia, Sastra Sunda, Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Jepang, Sastra Rusia, Sastra Jerman, Sastra Arab, Program Diploma dan Pascasarjana.

14. Fakultas Hukum (FH)

FH punya gedung perkuliahan di sebelah gedung FIB dan FIKOM. Fakultas ini terkenal dengan citra gaya hidup hedonis, terlihat dengan parkiran yang selalu penuh dengan mobil layaknya di showroom. Perkuliahan di FH pun terkenal santai, namun kita dituntut untuk banyak membaca dan peka terhadap fenomena hukum faktual. Di FH kamu bisa belajar segala seluk beluk tentang hukum yang bisa mendukung karier kamu sebagai pengacara, hakim, jaksa dll. Program studi yang ada disini antara lain S1 Ilmu Hukum serta Program Pascasarjana.

15. Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM)

FIKOM ini cocok buat kamu yang suka bersosialisasi dan punya skill komunikasi yang oke. Gedung perkuliahannya ada diantara gedung FH dan FEB. Mahasiswa dari Fakultas ini terkenal dengan citra anak-anak hits dan gudang cewek-cewek cantik. Program studi yang ada di Fakultas ini antara lain S1 Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Televisi dan Film serta Program Diploma dan Pascasarjana.

16. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

FEB merupakan fakultas yang fokus mempelajari bagaimana ekonomi dan bisnis berjalan secara menyeluruh. Fakultas ini cocok buat kamu yang tertarik sama dunia perekonomian dan ingin berkarier sebagai analis ekonomi, akuntan, manajer, dan sederet profesi kece lainnya di bidang ekonomi. FEB juga punya gedung yang modern dibanding fakultas lain. Program studi yang ada antara lain: S1 Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Ekonomi Islam, Bisnis Digital dan Program Diploma serta Pascasarjana.

Baca Juga : Digital Marketing, Paling Dicari 5 Tahun Kedepan!

Fun Fact Seputar Unpad

Unpad punya masa orientasi kampus yang dikenal dengan nama Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Unpad (Prabu). Prabu ini hits banget di kalangan mahasiswa karena disana kalian akan merasakan beberapa sensasi unik seperti berjemur hingga kulit kalian eksotis, mendaki tanjakan cinta hingga betis kalian keras, terjebak antrian panjang ketika pulang seperti saat pembagian sembako, hingga menunggu giliran ke kamar mandi layaknya di kos-kosan. Terlepas dari sensasi unik tersebut, Prabu ini selalu ditunggu-tunggu karena pasti ada gebrakan unik dan guest star yang keren tiap tahunnya.
– Selalu ada mahasiswa asal Jakarta yang mengira bahwa kampus utama Unpad ada di Bandung, meskipun saat ini kita sudah megenal teknologi yang bernama Google Maps.
– Angkutan kampus ikonik Unpad (Odong-odong) seringkali dimanfaatkan untuk sekedar berkeliling kampus.
– Rektorat Unpad punya arsitektur unik yang apabila dilihat dari jauh tampak seperti stadion sepakbola.
– Unpad punya tanjakan ikonik bernama tanjakan cinta yang memisahkan gedung rumpun saintek dan soshum.
– “Brooklyn” dengan gapura kujangnya, adalah salah satu tempat ikonik lain di Unpad dimana mahasiswa dapat berdemo dan juga menunggu Odong-odong.
– Gerbang Lama Unpad, tempat keluar masuk kendaraan bermotor, adalah pusat kuliner dan buku bagi para mahasiswa.
– Unpad punya program TPB dan OKK di semester pertama yang bisa bikin kamu makin akrab dan punya kenalan dari fakultas lain.
– Tiga landmark utama Jatinangor: Jembatan Cincin, Menara Loji dan Gunung Geulis, sering jadi tujuan wisata mahasiswa Unpad.
– Jalan raya depan Unpad dipenuhi dengan kendaraan besar dan berdebu.

Segitu aja dari aku kali ini, semoga kalian lulus di kampus impian kalian ya tahun ini, dan bagi yang mau masuk Unpad, aku tunggu kalian di Jatinangor. Semangat! J